-->
  • Jelajahi

    Copyright © NEWS.BERITASOLO.COM | BERITA TERBARU HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Situs Bukit Mendelem dan Gunung Jimat Akan Dijadikan Destinasi Wisata Religi

    EDITOR
    Selasa, 21 Juli 2020, 08.41 WIB Last Updated 2020-07-21T01:41:55Z
      Situs Bukit Mendelem dan Gunung Jimat Akan Dijadikan Destinasi Wisata Religi

    NEWS BERITASOLO Komunitas putra gomas bersama dengan para kuncen di dampingi oleh salah satu anggota dewan Sutiah, pada Minggu kemarin bekerja sama bergotong royong membersihkan area panembahan gogok mas di bukit mendelem atau gunung jimat.

    Ke empat kuncen panembahan ini di antaranya putra alm bapak Masrap,  Wondo (putra alm Mbah Nur), Pak Tarno (putra alm bapak Slamet) dan pak Kebon,  ikut dalam suasana kerja bakti.

    Menurut anggota dewan Sutiah yang ikut serta di kegiatan ini mengatakan, "kami lakukan saat ini tujuanya untuk mengenang sekaligus mempertahankan situs yang ada, yang masih bisa dipertahankan," ujarnya kepada wartawan EraJateng media Group.

    Menurut beliau, dahulu sekitar 35 tahun yang lalu masih ada arca,  batu junjung drajat,  peminangan, lesung,  bak air kecil yang semua itu masih alami dan terbuat dari pahatan batu, tapi sampai hari ini sangat miris, bak air kecil saja tinggal separo rusak oleh tangan-tangan jahil, serta sampah yang berserakan.

    "Mulai hari ini siapapun yang mau masuk ke wilayah panembahan harus izin kepada salah satu kuncen yang ada, saya akan membantu semaksimal mungkin apa yang akan dibutuhkan supaya situs area bukit mendelem ini tidak punah," imbuhnya.

    Begitu pula yang disampaikan oleh para putra gomas,  mereka bertekad "bismillah" kerja bakti hari ini semoga bermanfaat untuk semua dan tetap jaga kelestarian lingkungan, juga di area panembahan akan di pasang papan larangan buang sampah sembarangan.

    Selanjutnya, akan dilakukan penanaman bibit pohon yang kedepannya supaya cagar alam tetap terjaga serta bersama-sama menjaga situs yang masih ada.

    Salah satu kuncen Pak Tarno mengatakan, "kami selaku kuncen berterima kasih kepada para putra gomas dan Bu Sutiah selaku anggota dewan,  yang sudah mau peduli dengan bergotong royong membersihkan area panembahan serta mau bersama-sama menjaga kelestarian alam yang ada," ujarnya.

      Situs Bukit Mendelem dan Gunung Jimat Akan Dijadikan Destinasi Wisata Religi

    Setelah hari ini, area situs lainya yang masih ada akan di bersihkan juga,  di jaga dan rencananya akan di jadikan destinasi wisata religi.

    Di gunung itu ada tempat yang diyakini warga sebagai petilasan Damar Wulan dan Raden Patah yang menjadi bukti bahwa yang bersangkutan pernah melakukan berziarah ke Gunung Mendelem.

    Menurut cerita dan beberapa buku sejarah kuno, di puncak gunung terdapat tempat bersejarah yang diyakini sebagai makam Rahiyangta Panaraban, raja kerajaan Jawa di Pemalang dan salah satu pemimpin kerajaan di Pulau Jawa.

    Bukit Mendelem berada di desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Memang lokasi wisata ini cukup jauh dari pusat kota Pemalang, setidaknya memerlukan waktu kurang lebih satu jam dengan jarak sekitar 43 kilometer.

    ■ Imam Santoso/Hms



    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    loading...
    loading...

    TOKOH ISLAM

    +