-->
  • Jelajahi

    Copyright © NEWS.BERITASOLO.COM | BERITA TERBARU HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jelang Nataru, Mulai Hari Ini Basarnas Pekanbaru Gelar Posko Siaga SAR

    EDITOR
    Rabu, 18 Desember 2019, 11.46 WIB Last Updated 2019-12-18T04:46:38Z
      Jelang Nataru, Mulai Hari Ini Basarnas Pekanbaru Gelar Posko Siaga SAR

    JBN.CO.ID ■ Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Basarnas Pekanbaru melaksanakan Siaga SAR Khusus terhitung sejak 18 Desember 2019 sampai dengan 8 Januari 2020. Begitu pula di setiap Kantor Pencarian dan Pertolongan seluruh Indonesia.

    Kegiatan ini dilakukan secara serentak. Siaga SAR Khusus ini meliput gelar Alut  serta peralatan SAR, menyiagakan dan menggelar tim rescue, berkoordinasi dalam pengerahan dan pengendalian dalam operasi SAR kepada potensi SAR bila terjadi musibah atau kecelakaan, pelabuhan laut, bandar udara dan terminal angkutan darat.

    Untuk wilayah kerja Basarnas Pekanbaru Siaga SAR Khusus ini dilakukan pada beberapa titik, diantaranya Posko Terpadu Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru,  Pelabuhan Laksamana Pos SAR Bengkalis, Pelabuhan Pokala Dumai, Pelabuhan RS POS SAR Tembilahan, Pelabuhan Aliong Bagan Siapi Api, Serta Terminal AKAP Payung Sekaki.

    Selain menempatkan personil di Posko Terpadu, ada beberapa diantaranya bertugas melakukan Mobile kearah Lintas Timur dan Lintas Barat.

    Bersamaan dengan penyelenggaraan Uji Pelaksanaan Pencarian dan Pertolongan, Rabu (18/12/2019), juga digelar apel pengecekan kesiapan personil dan alat utama  (Alut) dalam rangka Siaga SAR Khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

    Bertempat di Kantor Basarnas Pekanbaru, apel kesiapan tersebut dipimpin langsung oleh England selaku PH (Pelaksana Harian) Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru.

    Dalam Sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertongan Marsdya Bagus Puruhito yang di bacakan PH Kakansar dalam Gelar Apel Pasukan  mengatakan,

    "Bahwa dalam rangka meningkatkan Kesiapsiagaan Basarnas untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan liburan Natal dan tahun baru (Nataru) Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dengan tujuan terwujudnya pelayanan Sar yang Cepat, Tepat, aman dan Handal, untuk mendukung Serta membantu unsur unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan Nataru, serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militan, dan meningkatkan Response Time jika terjadi kecelakaan dan bencana," Ujarnya.

    Personil yang terlibat dalam siaga SAR khusus ini sebanyak 81orang, dan tersebar di masing - masing wilayah. Keseluruhan personil terdiri dari tim rescuer, ABK Kapal.

    "Selain personil, dapat dipastikan kesiapan Alut berupa, kendaraan SAR darat, KN 218 , KN 413, KN 411, KN 402, Rigit Inflatable Boat (RIB), ATV  dan rubber boat siap dikerahkan," jelas England.

    Pembagian personil, penempatan dan waktu telah ditetapkan dalam jadwal siaga SAR Khusus.

    Menurut England bahwa pelaksanaan siaga SAR khusus ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan siaga SAR rutin yang setiap hari dilaksanakan, karena Basarnas memang wajib selalu siap atas kejadian - kejadian yang tidak bisa diprediksi.

    Hanya saja ada lebih yang harus ditekankan karena banyak masyarakat yang melaksanakan libur natal maupun tahun baru.

    "Keseluruhannya telah terkoordinir dan terencana, sehingga diharapkan kesiapansiagaan bisa berjalan Lancar dan optimal," singkatnya.

    ■ Mirza

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    loading...
    loading...

    TOKOH ISLAM

    +